Juara liga Champion dan juga runner up La Liga musim lalu Real Madrid membuat gebrakan baru di kostum ketiganya, lewat bantuan desainer asal jepang Yohji Yamamoto Real Madrid menambahkan gambar watermark naga di bagian depan jersey tersebut. Kalo kita perhatikan dengan jelas terdapat gambar dua ekor naga yang saling berkelindan keduanya, naga yang pertama adalah Dragon King (Raja Naga) yang memiliki makna kebesaran, kemuliaan dan kekuatan klub sedangkan Dragon Bird (Burung Naga) menyimbolkan perlawanan, kelincahan, dan tekad bulat menuju kemenangan.

Untuk masalah harga Jersey tersebut, menurut online shop resmi Real Madrid di realmadridshop.com Harga yang ditawarkan cukup fantastis untuk ukuran kantong orang Indonesia, dibrandol dengan harga $88.00 atau senilai 1 juta 40 ribu sebuah harga satuanya.

Sekilas memang tiada yang aneh dengan jersey ketiga Real Madrid musim ini, dominasi warna hitam pun sudah sering dijadikan kostum kedua maupun ketiga, yang beda disini adalah watermark naga, ini jelas merupakan langkah Real Madrid untuk mendekatkan pasar Real Madrid ke asia. Tak bisa di pungkiri Real Madrid memiliki fans lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia, dan hampir setengahnya berasal dari asia, hal ini dimanfaatkan betul oleh Real Madrid untuk menambah pundi-pundi keuangan Real Madrid musim ini.

Lambang naga bagi kawasan asia khususnya asia timur memang bermakna sakral, menurut tradisi Tiongkok (Cina) misalnya, naga sebagai simbol kekuatan, kebaikan, keberanian, pelindung dan juga memberikan rezeki dan kesuburan, Naga merupakan khasanah hewan mitologi tertinggi bagi budaya Tiongkok (Cina).

Lucunya jika di asia makna Naga merupakan sosok yang bijaksana dan agung lain halnya dengan di Eropa sana, Naga di dunia barat digambarkan sebagai sosok monster yang cenderung merusak dan bersekutu dengan kekuatan gelap, tak heran banyak cerita-cerita pengantar tidur seperti Ksatria Siegfried kisah yang mengisahkan si pemburu sang naga serta kisah kisah heroikmelawan lainnya.
Ah tapi saya mungkin salah tentang makna naga ini, toh negara Wales yang juga negara Eropa secara terang terangan mengunakan badges Naga di benderanya yang bersumber dari semboyan Wales "Y ddraig Goch ddyry cychwyn" (The Red Dragon Inspires Action/ Sang Naga Pemberi Inspirasi).

Sebelum Real Madrid menambahkan Naga di Jersey mereka Inter Milan sudah terlebih dahulu memakainya di musim 2010/2011 dengan tujuan yang sama yakni untuk meraih pemasukan yang besar dari Asia dengan Yuto Nagatomo sebagai ambasadornya.

Sebelum peluncuran Jersey unik ini Real Madrid sempat berencana membuat sebuah resort mewah di Unit Emirat Arab di pertengahan tahun 2013, namun sampai kini belum jelas proyek mega besar tersebut. Hal ini di konfirmasi langsung oleh Presinde Real Madrid Florentino Perez yang memilih menganulir sementara sampai waktu yang belum ditentukan.

Apakah jersey bergambar Naga mampu membawa “hoki” bagi Real Madrid untuk menjadi Juara atau jatuh terkutuk ditangan kesatria lain yang melibas Naga Real Madrid, Nantikan!.

Ditulis oleh : @handyfernandy

Sumber gambar :footyheadlines.com